November 30, 2021

contakme.com

Seputar Info Terbaru

Kulit Wajah Berminyak? Begini Cara Merawatnya!

Munculnya minyak pada kulit diakibatkan oleh sebum yang dihasilnya oleh kelenjar sebasea diproduksi dalam jumlah yang banyak. Sebum pada kulit memang sangat penting untuk menjaga kelembaban kulit. Namun, apabila berlebihan akan menyumbat pori-pori yang mengakibatkan munculnya jerawat. Jika seperti itu, maka diperlukan perawatan yang sesuai untuk mengontrol minyak pada kulit. Khususnya untuk para remaja yang sedang mengalami masa puber. Tahapan awalnya adalah memakai pencuci muka untuk kulit Berminyak dan berjerawat untuk remaja.

Tanda-tanda kulit berminyak di antaranya adalah kulit terlihat mengilap, tebal dan kasar, pori-pori besar, serta munculnya jerawat dan komedo. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan skincare yang kurang tepat atau tidak sesuai dengan jenis kulit. Lantas, bagaimana cara merawatnya? Mari simak ulasan di bawah ini.

  1. Bersihkan wajah secara teratur. Membersihkan wajah secara teratur dapat mengontrol minyak pada kulit. Namun, perlu digarisbawahi bahwa pakailah pencuci muka yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat. Setidaknya, cuci muka dua kali sehari. Terlalu sering pun tidak baik. Sebab akan menyebabkan iritasi pada kulit.
  2. Pakai toner setelah cuci muka. Fungsi toner adalah untuk menenangkan kulit. serta mengecilkan pori-pori dan mengontrol minyak yang berlebihan. Namun, tidak semua jenis toner dapat diterima oleh kulit. Oleh karena itu, tes produk sebelum diaplikasikan ke wajah. Jika reaksi pada kulit wajah menjadi gatal bahkan panas, segera hentikan pemakaian.
  3. Menggunakan kertas minyak. Blotting paper atau yang sering disebut sebagai kertas minyak atau face paper berguna untuk menyerap minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Kertas minyak dilapisi dengan asam salisilat atau zat lain yang dapat menjadi solusi untuk mencegah munculnya jerawat. Setelah memakai ini, kulit wajah akan terlihat lebih cerah dan kesat.
  4. Pilih makanan yang tepat. Makanan yang dapat memicu minyak pada wajah yaitu gorengan, makanan manis, daging merah tinggi lemak, olahan susu, dan makanan cepat saji. Makanan-makanan tersebut menjadi pemicu timbulnya minyak pada wajah jika dikonsumsi secara berlebihan. Untuk itu, Anda perlu memilih makanan yang tepat seperti buah-buahan, biji-bijian dan makanan sehat lainnya supaya minyak dan jerawat pada wajah tidak semakin banyak.
  5. Jangan menyentuh wajah dengan tangan. Ini adalah kebiasaan buruk yang seringkali tidak disadari. Kulit yang berminyak lebih rentan berjerawat, karenanya menyentuh wajah dengan tangan bukanlah kebiasaan yang bagus. Meskipun tangan terlihat bersih, namun kuman yang tidak terlihat bisa saja masih bersarang dan dapat berpindah ke kulit wajah.

Itulah cara merawat wajah yang berminyak dengan tepat. Apabila Anda bingung harus membeli produk perawatan yang mana, khususnya face wash, maka produk Joylab dapat menjadi pilihan Anda. Sebab, sudah terbukti kualitasnya. Selamat mencoba!